Cara install XAMPP di Ubuntu 16.04 Xenial Xerus

Hi, Kali ini saya akan bahas aplikasi yang bernama XAMPP. XAMPP adalah sebuah host/server untuk localhost atau bisa juga untuk server pribadi *Sok tau wkwk. Nah saya ndak mau cerita panjang-panjang karena kurang ngerti juga ngejelasin tentang softwatre ini. Saya cuman mau tanya. Mau install XAMPP di Ubuntu tapi masih binggung caranya? Nah kali ini saya akan membahasnya karena saya juga lagi mau menggunakan XAMPP untuk kebutuhan. Oke tanpa basa-basi lagi, yuk kita pecahkan.


Begini Caranya : 


1. Buka situs https://www.apachefriends.org/index.html untuk download filenya

Nah pada bagian itu klik "XAMPP for Linux"
 
Hasil File Download-tannya
2. Kemudian Klik kanan pada Folder Download, terus klik "Open in Terminal" atau dalam bahasa Indonesianya "Buka dengan Terminal"

3. Ketik " sudo su " di terminal dan jangan lupa passwordnya ya, jika pakai password


4. Kemudian kita ketik kode untuk mengakses / permission access / Eksekusi

chmod 777 namafilenya.run
 Contoh punya saya :
chmod 777  xampp-linux-x64-5.6.30-0-installer.run
 Jangan lupa di enter ya wehehe


5. Kemudian jalankan installasinya dengan code perintah

./nama-file.run
Contoh punya saya :
./xampp-linux-x64-5.6.30-0-installer.run

6. Jika udah tinggal next-next ajah


7. Selesai deh dan begini nih penampakannya



Oh iya jika ada yang nanya dimana directory htdocsnya itu di

Computer > Opt > lampp

Nah mudah bukan behehehe. Udah kalo kurang jelas tanya lagi di comment gan biar makin jos. Thx udah bacah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial memasang Wallpaper Video Zombie / Download Free Dream Scene

Telegram Aplikasi Chat dengan Cepat dan Aman